PON 2016: Misi Meruntuhkan Dominasi

FacebookTwitterGoogle


Salah satu tim yang menjadi sorotan di PON Jabar 2016 adalah DKI Jakarta yang pada dua PON terakhir telah menyapu bersih seluruh medali emas baseball dan softball putra putri.

 

fotopon07

Pengalungan medali softball putra PON Riau 2012

 

Meruntuhkan dominasi DKI Jakarta bisa dibilang misi seluruh peserta PON Jabar 2016. Tidak rela rasanya bagi peserta lain untuk menyaksikan DKI Jakarta melakukan three-peat (3x sapu bersih) apalagi PON 2016 dipertandingkan di kandang Jawa Barat yang memiliki rivalitas tinggi terhadap DKI.

Persiapan seluruh peserta kali ini bisa dibilang yang termewah dari yang pernah ada dibanding PON sebelumnya. Banyak tim yang mempersiapkan diri hingga ke luar negeri untuk berlatih tanding. Singapura adalah negara paling banyak dikunjungi peserta PON kali ini, disusul Filipina dan tidak luput Australia serta Jepang.

PON Jabar 2016 kemungkinan besar akan menjadi arena persaingan yang sangat ketat karena kekuatan tim dari setiap daerah semakin merata.

 

Prediksi Juara

Sejak baseball dipertandingkan di PON 1996, emas belum pernah pindah dari tangan DKI Jakarta, namun keberhasilan Jabar menjuarai Kejurnas U-18 di Jakarta 2015 yang lalu bisa menjadi signal bahwa tuan rumah Jabar tidak ingin hanya menjadi penggembira di PON 2016.

Lampung sebagai finalis PON 2012 serta pra-PON 2015 juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Masih ada Banten dan Kaltim yang terus menunjukan peningkatan signifikan.

 

jatim01

Tim softball putra Jawa Timur juara Pra PON 2015

 

Dari cabang softball putra Jawa Timur yang sudah lama tidak bersuara di PON kali ini jadi tim yang difavoritkan keluar sebagai juara. Selain telah berhasil memenangi pra-PON 2015, sudah banyak pemain Jatim yang rutin masuk ke Tim Nasional Indonesia.

Selain Tim Jatim, perlu disimak juga kiprah Tim Kaltim finalis PON 2012 dan Kejurnas U18 tahun 2015 lalu serta DKI Jakarta sebagai juara bertahan tentu tidak akan rela melepas medali emas yang sudah digenggam sejak PON 1992.

 

img_5493

Tim Softball Putri Papua Barat Juara Pra PON 2015 di Bandung, Jawa Barat

 

Dari softball putri, perlu ditunggu kiprah tim – tim dari Indonesia Timur, Papua dan Papua Barat terus menunjukan perkembangan yang signifikan tercermin dari keberhasilan mereka menembus posisi 4 besar sejak PON 2012 lalu.

Jawa Barat sebagai tuan rumah tidak akan melepas kesempatan emas mengembalikan supermasi mereka dicabang yang mereka kuasai di era 90-an. Dan tentu tidak boleh dilupakan DKI Jakarta sebagai juara bertahan serta Banten yang bisa jadi kuda hitam.

Kita semua menunggu agar PON 2016 kali ini benar-benar bisa menjadi ajang yang melegenda khususnya baseball dan softball.  Kita tunggu siapa yang akhirnya berpesta di tanah legenda. (RN/MA/KS)

 

 

Naskah asli Ikky Nasution, edit PakPok, Foto berbagai sumber

Disclosure:

Rizky Nasution atau yang biasa disapa Ikky adalah atlet baseball dan softball yang memulai kariernya di klub Gorgeous Bandung pada 1997. Selama berkiprah sebagai atlet baseball dan softball, Ikky sudah berlaga SEA Games baseball Manila, SEA Games softball Bangkok kejuaraan Asian Baseball di Jepang dan Thailand. Saat ini Ikky tercatat sebagai pemain klub Pejabat sejak 2006.

 

FacebookTwitterGoogle


Leave a Reply

Your email address will not be published.