5 fakta menarik Kejurnas Baseball U15

FacebookTwitterGoogle


Selesai sudah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Baseball U15 Indonesia pada 25 Februari 2017 kemarin. Kejurnas yang berlangsung selama 7 hari ini menyisakan 5 fakta menarik:

 

Fakta 1: Banyak Run, Banyak LOB

Kejurnas yang melaksanakan total 7 pertandingan ini menghasilkan 129 run baik memasukan ataupun kemasukan. Selain banyak run yang diciptakan banyak juga run yang tidak tercipta alias Left on Base (LOB). Total 112 LOB dimana pemain sudah berhasil mencapai base namun tidak berhasil mencapai home untuk menjadi run (angka) bagi timnya.

 

Fakta 2: Pitcher Masih Langka

Peraturan jumlah lemparan untuk melindungi atlit pitcher dari cidera membawa kepusingan tersendiri bagi pelatih ketiga peserta Kejurnas baseball U15. Hampir seluruh tim menerapkan strategi “irit” jumlah lemparan agar pitcher tersebut bisa bermain lagi dihari berikutnya.

Namun tampak dibabak akhir tim peserta mulai kehabisan “bensin” alias pitcher – pitcher sudah kelelahan bermain hamper seluruh 7 hari selama pertandingan. Dan akhirnya terbukti tim Jawa Barat tidak mampu menahan laju tim DKI Jakarta di pertandingan final walaupun sudah unggul 9-2 dikarenakan habis “bensin”.

 

Fakta 3: Banyak Error Mendasar

Diusia yang sudah hampir memasukin usia dewasa, hampir seluruh peserta Kejurnas Baseball U15 masih melakukan kesalahan – kesalahan (error) mendasar. Total 66 error tercatat di Kejurnas baseball U15 dan hampir seluruhnya mengakibatkan run (angka) bagi tim lawan.

Faktor kondisi cuaca dan lapangan bisa dijadikan alasan, namun 70% error terjadi justru akibat lemparan yang tidak sempurna.

 

Fakta 4: Yang Pertama Mencetak Run yang Menang

Fakta menarik dari ke 7 pertandingan di Kejurnas Baseball U15 selalu dimenangkan oleh tim yang mencetak run pertama. Fakta ini menggambarkan bahwa penting untuk menjadi yang pertama memberi tekanan kepada lawan, kedua penting untuk tidak melakukan kesalahan diawal – awal pertandingan sebelum mampu mencetak run, dan terakhir belum ada yang memiliki mental mendobrak tekanan.

Pertandingan final hampir saja memberikan hasil yang berbeda, kalua saja final dilaksanakan di hari pertama ketika kondisi tim masih segar mungkin cerita berbeda, tapi dimana – mana yang namanya final pasti diakhir bukan.

 

Fakta 5: Minim Peserta

Alarm tanda bahaya perlu dinyalakan, karena masa depan baseball Indonesia hanya bergantung tidak lebih dari 60 atlet yang berpartisipasi di Kejurnas baseball U15 kemaren.

 

Untuk Indonesia bisa bersaing di level Asia perlu persaingan yang lebih kompetitif didalam tim Indonesia. Kemampuan tehnik serta fisik harus mengacu ke standar kemampuan tingkat Asia, paling tidak Asia Tenggara dimana Filipina dan Thailand masih menjadi momok bagi tim Indonesia.

 

Tugas siapa? Ini tugas kita semua, mari kita bersama – sama memajukan baseball Indonesia.

 

 

FacebookTwitterGoogle


Leave a Reply

Your email address will not be published.